Rabu, 20 Januari 2010

FISIKA

Proses terjadinya efek Rumah kaca


Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

Proses efek rumah kaca seperti pada gambar di atas:
1. Panas matahari sebagian diserap bumi.
2. Panas matahari sebagian dipantulkan kembali oleh atmosfer.
3. Panas matahari sebagian dipantulkan kembali oleh bumi dan diteruskan oleh
atmosfer.
4. Panas matahari sebagian di pantulkan kembali oleh (gas rumah kaca) untuk
memenaskan bumi.

5. Suhu permukaan bumi dan Troposfer meningkat.

Mekanisme terjadinya efek rumah kaca adalah Bumi secara konstan menerima energi, kebanyakan dari sinar matahari tetapi sebagian juga diperoleh dari bumi itu sendiri, yakni melalui energi yang dibebaskan dari proses radioaktif.Sinar tampak dan sinar ultraviolet yang dipancarkan dari matahari. Radiasi sinar tersebut sebagian dipantulkan oleh atmosfer dan sebagian sampai di permukaan bumi. Di permukaan bumi sebagian radiasi sinar tersebut ada yang dipantulkan dan ada yang diserap oleh permukaan bumi dan menghangatkannya.Namun dalam (Petrucci dan Harwood, 1997:260) dinyatakan bahwa sebagian energi yang diserap diradiasikan kembali dalam bentuk radiasi inframerah. Radiasi inframerah yang dipancarkan bumi ini ada yang dapat melewati atmosfer dan terbebaskan ke ruang angkasa. Tetapi sebagian radiasi infra merah tersebut diserap oleh gas-gas dalam atmosfer, gas-gas tersebut lazim disebut gas rumah kaca (greenhouse gases). Energi yang diserap tersebut kemudian ditahan dalam atmosfer sehingga menghasilkan efek hangat.
Sedangkan dalam Anonimus dinyatakan bahwa energi yang masuk ke bumi 25% akan dipantulkan oleh awan atau partikel lain di atmosfer, 25% diserap awan, 45% diadsorpsi permukaan bumi , dan 5% dipantulkan kembali oleh permukaan bumi. Energi yang diadsoprsi dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah oleh awan dan permukaan bumi. Namun sebagian besar infra merah yang dipancarkan bumi tertahan oleh awan dan gas CO2 dan gas lainnya, untuk dikembalikan ke permukaan bumi.Ada dua macam efek rumah kaca yaitu efek rumah kaca alami dan efek rumah kaca yang ditingkatkan.Efek rumah kaca yang alami terjadi secara alami oleh bumi dimana gas rumah kaca yang terbentuk di atmosfer terdiri dari karbondioksida dan uap air yang terbentuk dari respirasi makhluk hidup. Sedangkan efek rumah kaca yang ditingkatkan terjadi karena peningkatan gas rumah kaca yang berasal dari pencemaran udara. Efek rumah kaca yang ditingkatkan membuat suhu bumi semakin tinggi.

selengkapnya dapat di download via ziddu :
ProsesTerjadinyaEfekRunahKaca.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EDANE (kau pikir kaulah segalanya)

Edane – Kau Pikir Kaulah Segalanya

Seharusnya kau berada di sisiku
Mengusir sepi yang menyelimutiku
Di Sabtu malam janjimu
Tak sabar kumenunggu
Walau kesal hatiku
But it’s OK!

Kucoba memberikan toleransiku
Bikin resah, buyarkan konsentrasiku
Apakah engkau merasa
Aku bukan manusia
Yang tak luput dari rasa amarah

reff: Kuakui, kau memang manis
Tapi kau iblis
Kau pikir kaulah segalanya

Tuk dimaklumi
Dan juga Tuk ditakuti
Walau mempesona
Membutakan mata
Tapi bisa kubalas kau lebih gila (edan)

Waktu menunjukkan jam sepuluh malam
Suasana kurasakan begitu kelam
Firasatku mengatakan
Tak mungkin engkau datang
Tak seperti yang telah kau janjikan

Lirik lagu Edane – Kau Pikir Kaulah Segalanya ini dipersembahkan oleh LirikLaguIndonesia.Net. Kunjungi DownloadLaguIndonesia.Net untuk download MP3 Edane – Kau Pikir Kaulah Segalanya.